Ini Dia 9 Tips Menarik! Cara Memperoleh Vocabulary Baru dengan Cepat Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Inggris

Vocabulary merupakan kosa kata dalam bahasa inggris yang sering digunakan secara umum, yang terbagi menjadi kata benda, kata sifat, dan kata kerja. Kosa kata ini terdiri dari begitu banyaknya. Ini dia tips menarik bagaimana cara memperoleh vocabulary baru yang cepat. Simak, Berikut penjelasannya.

Hal-hal Yang Perlu Ketahui Untuk Meningkatkan Vocabulary yang Tepat dan Cepat

  1. Membiasakan untuk Menghafal dan Memahami Vocabulary Secara Lebih Detail

Salah satu cara bagaimana untuk meningkatkan vocabulary yang baru yaitu dengan membiasakan diri lebih teliti dan detail memahami dan mengingat-ngingat vocabulary baru. Anda bisa mencoba untuk mulai mencatat kemudian belajar untuk menghafal kosa kata baru tersebut dan kemudian dipraktekkanya.

Semakin sering anda menghafal dan mencatat vocabulary baru semakin sering juga tentunya anda akan lebih mengingatnya. Anda bisa menggunakan cara lain juga seperti mempelajari buku atau bahkan pada artikel dengan vocabulary yang sama tanpa tahu bahwa memiliki kesamaan pada kamus bahasa inggris.

  1. Berlatih Speaking, Writing dan Listening Menggunakan Vocabulary Baru

Hal tak kalah penting lainnya bagaimana cara memperoleh vocabulary baru yang cepat adalah dengan belajat sungguh-sungguh. Belajar kosa kata baru perlu anda latih terus dan perlu fokus yang betul untuk menghasilkan hasil yang maksimal. Anda bisa secara bertahap belajar sedikit demi sedikit setiap harinya.

Anda bisa menentukan sendiri berapa vocabulary yang akan anda hafalkan disetiap harinya, untuk mempermudah anda memahami dan mengingat kosa kata yang baru. Berlatih vocabulary tak hanya terpaku pada catatan tulisan anda. Cobalah berlatih berbicara, mendengarkan kosa kata baru untuk mengembangkan kemampuan anda.

  1. Buatlah Kamus Versi Dirimu Sendiri Sehingga Mudah Memahaminya Ketika Belajar

Membuat kamus sendiri bukan seperti membuat kamus tebal seperti kamus pada umumnya. Anda bisa mencoba memulai membuat kamus versi anda sendiri dengan mencatat hal-hal atau kosa kata penting yang ingin anda pelajari nantinya. Cobalah mencatat kosa kata yang simple dan anda mudah mengingatnya.

Supaya kosa kata tersebut tetap anda ingat anda bisa membuat table simple semacamnya guna untuk mengorganisir kosa kata baru yang akan dipelajari. Dengan membuat kamus versi anda sendiri tentu akan membuat anda jauh lebih mengenali dan memahami kosa kata apa saja yang telah anda catat tersebut kedalam buku.

  1. Menantang Diri Dengan Mencoba Terlibat Dalam Percakapan Bahasa Inggris

Selanjutnya bagaimana lagi cara memperoleh vocabulary baru yang cepat pada bahasa inggris. Kalau menurut inggrism, cobalah untuk menantang diri anda sendiri untuk ikut terlibat dalam percakapan bahasa inggris. Hal ini tentunya akan membantu anda bisa mengembangkan dan memperoleh kosa kata baru dengan lawan bicara anda.

Selain itu, anda tentu akan mulai terbiasa melakukan percakapan tanpa harus ragu menggunakan bahasa inggris. Menemukan kosa kata baru disetiap harinya akan mampu menyesuaikan konteks percakapan yang anda bicarakan.  Dengan begitu anda memiliki kesempatan berdialog dan memperoleh kosa kata baru yang menarik.

  1. Santai Sambil Belajar dengan Mendengarkan lagu Bahasa Inggris

Jika membaca buku terdengar sudah sangat membosankan bagi anda, taka da salahnya anda mencoba hal baru. Contohnya yaitu santai tapi terkesan belajar dengan mendengarkan lagu-lagu bahasa inggris. Lagu berbahasa inggris begitu beragam, mulai dari pop, jazz, classic dan lain-lain. Anda bisa belajar melalui pilihan lagu yang ada.

Untuk memperkaya kosa kata baru dalam mendengarkan lagu anda bisa sering mendengarkan lagu bahasa inggris. Hal ini tentu menambah pengetahuan anda untuk memahami kosa kata baru disetiap harinya. Kemudian anda bisa mencoba menghafal kosa kata baru tersebut dan kembali mengingatnya.

  1. Perbanyak Membaca Buku Bahasa Inggris Untuk Kuasai Vocabulary Baru

Cara memperoleh vocabulary baru dengan cepat lainnya yakni melatih diri anda giat membaca. Anda bisa mencoba untuk memulai membaca bacaan seperti majalah, novel, surat kabar berbahasa inggris. Hal ini tentu akan membantu anda untuk memperoleh beberapa kosa kata baru.

Dengan begitu setelah anda mendapatkan beberapa kosa kata baru anda bisa mencoba mencari arti kosa kata tersebut. Perbanyaklah bahan bacaan untuk menambah kosa kata baru di setiap harinya. Dengan demikian anda akan menemukan pengetahuan kata baru yang menarik untuk dipelajari.

  1. Membaca Buku Perlu Pahami Juga Konteks Buku yang Dibaca

Tak hanya membaca buku saja anda perlu memahami juga konteks bacaan pada buku yang dibaca. Hal ini guna untuk memahami bahwa pembahasan pada konteks bacaan yang and abaca masih bisa dimengerti dan dipahami. Lucu rasanya jika kamu membaca buku tanpa mengetahui konteks bacaan tersebut.

Konteks bacaan pada buku yang anda pelajari mengacu pada pemahaman anda mengenai topik apa yang kini anda pelajari. Hal ini tentu bisa anda jadikan patokan bahwa buku ini mengacu pada konteks yang anda pahami. Dengan begitu anda akan dengan mudah memahami topik pembahasan yang terdapat pada bacaan.

  1. Menggunakan Metode Mnemonic Untuk Mengingat Kosa Kata Baru

Metode mnemonic merupakan sebuah metode yang digunakan seorang pengajar untuk meningkatkan kembali kemampuan menghafal kosa kata bahasa asing salah satunya yaitu kosa kata baru pada bahasa inggris. Hal ini dilakukan dengan cara memperoleh vocabulary baru yang cepat dengan ide yang menarik.

Ide menarik yang dituangkan dengan mencoba mengafal kosa kata baru dengan suatu bantuan yang berupa, pengandaian, istilah singkatan, dan lingking atau mengingat sesuatu berdasarkan hubungan dengan suatu hal lain. Hal ini dikaitkan dengan memakai suatu prinsip asosiasi yang saling menghubungkan.

Metode mnemonic menjadi salah satu metode yang mudah diingat dengan cepat untuk menghafal suatu kosa kata baru. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan metode yang memperpendek istilah penggunaan kata dengan menggunakan kata-kata yang lebih akrab dijumpai atau didengar.

Metode mnemonic bisa dibilang salah satu metode yang mendukung proses pembelajaran dengan aktif dan kreatif. Karena disinilah pembelajaran diperlukan ide yang kreatif dan inovatif untuk menghafal suatu kosa kata. Dengan begitu proses pembelajaran untuk memperoleh kosa kata baru terjalin efektiv dan terbantu.

  1. Menonton Film dan Progam Acara Televisi Berbahasa Inggris

Metode lain untuk memperoleh kosa kata baru lainnya yang bisa anda lakukan adalah mudah dengan menonton film ataupun progam televisi lainnya menggunakan bahasa inggris ini adalah salah satu cara memperoleh vocabulary baru yang cepat. Dengan begitu anda akan menemukan kosa kata baru yang bisa dipelajari nantinya.

Dengan metode ini anda dapat memperoleh dan mengasah begitu banyak kosa kata yang digunakan pada acara televisi ataupun pada film bahasa inggris, dan tentunya memudahkan anda untuk mempelajari kosa kata baru. Nah, itu tadi beberapa cara memperoleh kosa kata baru dalam bahasa inggris, semoga membantu.