Contoh Hantaran Pernikahan yang Umum Diberikan di Indonesia

Hantaran pernikahan merupakan tradisi atau kebiasaan yang umum dilakukan dalam budaya Indonesia, terutama dalam pernikahan adat Jawa. Hantaran merupakan hadiah atau tanda penghargaan dari kedua belah pihak keluarga pengantin yang bertujuan untuk saling menghormati dan menghargai. Dalam tradisi hantaran, biasanya ada sejumlah barang yang diberikan sebagai simbol untuk menggambarkan kesetiaan, kebahagiaan, dan kesuksesan dalam pernikahan.

Hantaran pernikahan biasanya diserahkan oleh calon pengantin pria dan calon pengantin wanita, serta keluarga besar dari kedua belah pihak. Setiap hantaran yang diberikan mempunyai makna atau simbolik yang tersendiri, baik dari segi bentuk, warna, maupun jumlahnya. Hantaran yang disiapkan biasanya terdiri dari 7, 9, atau 11 macam barang, tergantung dari kebiasaan dan budaya masing-masing daerah.

Dikutip dari laman https://nicewedding.id/, berikut ini merupakan beberapa contoh hantaran pernikahan yang umumnya diberikan dalam budaya Indonesia:

Buah-buahan

Buah-buahan seperti pisang, apel, atau jeruk, juga sering diberikan sebagai hantaran pernikahan. Buah-buahan ini melambangkan kesuksesan dan kelimpahan dalam kehidupan berumah tangga.

Emas atau Perhiasan

Emas atau perhiasan lainnya juga sering diberikan sebagai hantaran pernikahan. Emas melambangkan kemakmuran dan keberuntungan dalam hidup, serta sebagai simbol keabadian cinta dalam pernikahan.

Pakaian Adat

Pakaian adat seperti kebaya, beskap, atau jas seragam, juga sering diberikan sebagai hantaran pernikahan. Pakaian adat ini melambangkan kesopanan dan kehormatan dalam acara pernikahan, serta sebagai tanda penghargaan atas tradisi dan budaya daerah masing-masing.

Uang atau Hadiah Tunai

Uang atau hadiah tunai juga bisa diberikan sebagai hantaran pernikahan. Pemberian uang atau hadiah tunai ini melambangkan kepercayaan dan dukungan dalam membangun rumah tangga yang sejahtera.

Sarung dan Kain Batik

Sarung atau kain batik bisa dijadikan pilihan hantaran pernikahan yang simple namun tetap bermakna. Selain mempunyai nilai seni dan budaya yang tinggi, sarung atau kain batik juga bisa digunakan sebagai perlengkapan sehari-hari.

Sajadah dan Al-Quran

Sajadah dan Al-Quran bisa dijadikan pilihan hantaran pernikahan yang bermakna dan religius. Sajadah dan Al-Quran merupakan perlengkapan penting dalam ibadah shalat, sehingga memberikan nilai religius yang lebih dalam bagi pasangan pengantin.

Kue-kue

Kue-kue atau jajanan tradisional juga sering dijadikan sebagai hantaran pernikahan. Beberapa jenis kue yang umumnya diberikan antara lain kue lapis, klepon, putu ayu, onde-onde, dan kue nastar. Kue-kue tersebut melambangkan kebahagiaan dan keberkahan di dalam pernikahan.

Sepatu

Sepatu juga sering dijadikan hantaran pernikahan. Sepatu tersebut bisa dipilih berdasarkan selera dan kebutuhan pasangan pengantin, baik untuk penggunaan sehari-hari maupun untuk acara formal. Pemilihan sepatu sebagai hantaran melambangkan rasa saling menghormati dan memperhatikan kebutuhan pasangan pengantin.

Tas atau dompet

Tas atau dompet juga menjadi pilihan hantaran pernikahan yang populer untuk wanita. Kamu bisa memilih tas atau dompet yang sesuai dengan gaya dan warna favorit calon istri. Kamu juga bisa memilih merek terkenal atau produk handmade yang unik dan eksklusif.

Makeup dan skincare

Makeup dan skincare juga bisa menjadi pilihan hantaran pernikahan yang menarik bagi wanita. Kamu bisa memilih produk makeup dan skincare yang berkualitas dan sesuai dengan jenis kulit calon istri. Pastikan produk yang dipilih aman dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit calon istri.

Namun, perlu diingat bahwa hantaran pernikahan bukanlah segalanya dalam acara pernikahan. Yang lebih penting merupakan memahami arti dan makna dari pernikahan itu sendiri. Hantaran pernikahan hanyalah sebagai simbol kehormatan dan penghormatan dalam membangun hubungan yang harmonis dan bahagia.

Selain itu, dalam memilih hantaran pernikahan, ada baiknya untuk mempertimbangkan anggaran yang dimiliki dan tidak memaksakan diri untuk memberikan hantaran yang terlalu mahal atau mewah. Yang terpenting merupakan memberikan hantaran dengan tulus dan dari hati, sehingga bisa memberikan kesan yang indah dan menyenangkan pada pasangan pengantin.