Data dan informasi penting organisasi merupakan bagian dari aset perusahaan, sehingga harus dijaga kerahasiaannya. Terlebih untuk perusahaan yang mengumpulkan data para kliennya. Sehingga sertifikasi ISO 27001 yaitu sistem manajemen keamanan informasi menjadi hal penting dalam hal ini. Oleh karena itu, yuk simak tahapan proses mendapatkan sertifikat ISO 27001 ini.

Proses Mendapatkan Sertifikat ISO 27001

  1. Gap Analysis

Gap analysis perlu dilakukan terlebih dahulu sebelum menerapkan ISO 27001 dan melakukan sertifikasinya. Tujuan dari gap analysis yaitu untuk mengetahui kondisi perusahaan secara nyata, sehingga bisa memahami apakah perusahaan sudah bisa menerapkan manajemen keamanan informasi atau tidak. Selain itu lakukan kajian risiko agar dapat dirumuskan langkah mitigasinya.

  1. Penyusunan Dokumen

Penyusunan dokumen perlu dilakukan selama tahap gap analysis, termasuk saat perusahaan melakukan kajian risiko. Karena hasil dari gap analysis dan kajian risiko tersebut akan dibutuhkan pada sejumlah tahap berikutnya. Sehingga adanya dokumentasi yang jelas akan sangat membantu.

  1. Implementasi dan Internal Audit

Apabila perencanaan sudah matang dengan dokumen yang sudah tersusun rapi, berikutnya adalah saatnya mengimplementasikan sistem manajemen keamanan informasi. Dan setelah implementasi ini berjalan, internal audit dapat dilakukan. Tujuannya tidak lain untuk mengetahui sejauh mana progres dari penerapan sistem manajemen tersebut.

Auditor akan meninjau dokumentasi yang diserahkan oleh perusahaan untuk memastikan apakah persyaratan standar sudah terpenuhi atau tidak. Jika ditemukan hambatan, maka harus segera ditangani. Usahakan bahwa tim auditor yang melakukan audit internal adalah orang kompeten yang tidak mempunyai keberpihakan terhadap area yang dievaluasi.

  1. Audit Sertifikasi

Jika internal audit menunjukkan hal positif, maka dapat dilanjutkan dengan audit sertifikasi ISO 27001. Semua sistem manajemen organisasi akan diperiksa untuk memverifikasi bahwa sistemnya memang sudah memenuhi persyaratan standar ISO 27001. Umumnya, lama waktu audit sertifikasi tergantung dari ukuran perusahaan, aktivitas apa yang dilakukan, serta jumlah fasilitas yang dimiliki.

Apabila selama prosesnya ditemukan penyimpanan atau kesalahan, maka tim auditor akan memberikan catatan kepada manajemen perusahaan untuk diperbaiki. Waktu perbaikan yang diberikan sesuai dengan tingkat penyimpangannya. Tim manajemen bisa melakukan tindakan korektif agar audit sertifikasi dapat dilakukan kembali.

  1. Implementasi ISO 27001

Sertifikat ISO 27001 dapat diberikan apabila pihak auditor telah setuju dan menemukan bahwa perusahaan memang sudah memenuhi semua persyaratan yang ada. Implementasi sistem manajemen keamanan informasi ini pun harus dilakukan secara konsisten, sebab sistemnya bersifat berkelanjutan. Sehingga dibutuhkan kerja sama dari semua pihak internal perusahaan dalam penerapannya.

  1. Audit Pengawasan

Seperti yang telah disebutkan bahwa sistem manajemen keamanan informasi merupakan sistem yang berkelanjutan, sehingga komponen kunci SMKI anda nantinya akan diaudit ulang setidaknya setahun sekali. Audit pengawasan dilakukan di lokasi untuk memastikan bahwa sistem manajemen keamanan informasi tetap berlanjut, meningkat, dan sesuai dengan persyaratan yang berlaku.

  1. Resertifikasi

Perlu diketahui bahwa sertifikat ISO 27001 hanya berlaku selama tiga tahun. Sehingga anda perlu melakukan resertifikasi atau sertifikasi ulang untuk sistem tersebut. Dan sertifikasi ulang dilakukan sebelum waktu berakhirnya masa berlaku sertifikat. Kurang lebih prosesnya mirip, tim akan mengaudit kepatuhan berkelanjutan dengan persyaratan standar yang berlaku. Sertifikat baru akan dikeluarkan jika hasilnya positif.

Demikian tahapan proses mendapatkan sertifikat ISO 27001 sistem manajemen keamanan informasi. Lamanya proses tersebut bisa bervariasi, tergantung kematangan perusahaan, ukuran perusahaan, serta beberapa faktor lainnya. Kepemilikan sertifikat ISO sendiri dapat menjadi indikator bahwa perusahaan mampu menerapkan sistem manajemen yang baik, jadi sertifikat ISO 27001 ini akan membawa banyak keuntungan.

 

By Budiman